BAB.II GAYA DAN GERAK

 

Kompetensi Dasar
  1. Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

INDIKATOR
  • Menganalisis gerak pada benda
  • Menganalisis hukum newton tentang gerak
  • Menganalisis penerapan hukum newton pada gerak makhluk hidup dan benda


PENERAPAN HUKUM NEWTON 1
    
penerapan Hukum Newton satu itu berkaitan dengan sifat kelembaman benda sifat kelembaman benda atau yang biasa disebut inersia maksudnya adalah setiap benda akan cenderung mempertahankan kedudukannya. Jadi, kunci dari hukum newton I ini adalah setiap benda akan diam jika tidak diberikan gaya, dan setiap benda akan cenderung lurus beraturan jika diberikan gaya.
Contohnya, pada saat kita sedang naik bus atau kendaraan, tubuh kita ada pada posisi duduk nyaman. Namun, tiba-tiba karena ada sesuatu, supir bus langsung mengerem mendadak. Maka otomatis tubuh kita pada saat itu akan terdorong ke depan dan berusaha kembali ke posisi semula. seperti pada gambar di bawah ini :


penerapan hukum newton I


PENERAPAN HUKUM NEWTON II
Penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari yang kedua ini berhubungan dengan benda dalam keadaan bergerak. Di mana massa benda dan gaya yang diberikan pada benda akan diperhitungkan. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

penerapan hukum newton II
Truk dengan massa yang lebih besar akan semakin kecil percepatannya (sumber: giphy.com)


Contoh dari hukum newton II adalah misalnya kamu mendorong sebuah sepeda motor, maka sepeda motor tersebut akan mulai bergerak. Semakin cepat kamu mendorong, akan semakin cepat sepeda motor itu bergerak. Hal ini sesuai dengan bunyi “Semakin besar gaya yang dikerahkan, maka semakin besar pula percepatannya.



PENERAPAN HUKUM NEWTON III
Hukum newton III ini berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi. Setiap ada Aksi maka akan menimbulkan reaksi Maksudnya adalah setiap benda yang kita berikan gaya akan menimbulkan reaksi terhadap kita lho.





SEMOGA BERMANFAAT














Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB II. GERAK DAN GAYA

SISTEM RANGKA PADA MANUSIA TAHAP 1